Welcome to My Blog!

Learn Together and Change With Code
Follow Me

Membuat RecyclerView pada Android Studio



By  Mochamad Ahya Satari     Oktober 16, 2018    Label:, 


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.....

Hai Guys, kali ini blog AhyaDroid akan membuat sebuah tutorial Android yaitu Membuat RecyclerView pada Android Studio, Pada artikel sebelumnya saya telah membuat artikel tentang membuat koneksi PHP ke database  .Nah, kali ini kita akan membedah recyclerview , untuk lebih lengkap nya lagi ..simak tutorial dibawah ini :


Apa itu RecyclerView :

RecyclerView merupakan salah satu elemen dari Android Material Design yang menggantikan ListView dan GridView. RecyclerView sudah sangat terkenal, (tidak seperti dulu tahun 2014 saat saya pertama kali belajar RecyclerView masih sedikit yang menggunakannya) dan digunakan untuk menampilkan list hampir di semua aplikasi.

Cara Membuatnya :

Pertama,
Pastikan harus sudah membuat project nya dan sudah membuat activity nya terlebih dahulu.

Kedua   , 
Pergi ke build.gradle Pada Software Android Studio setelah itu masukkan library recyclerview nya ke dalam dependencies di file build.gradle



Ketiga, 
Langkah berikutnya adalah membuat layout untuk RecyclerView Adapter. Kita akan mendesain sehingga sebuah entry item di RecyclerView akan nampak seperti gambar di atas. Caranya buatlah sebuah file xml baru di res/layout, kemudian isikan kode berikut, file-nya bernama
view_rv_item.xml

Selanjutnya, kita juga akan membuat layout menambahkan elemen RecyclerView pada layout utama, biasanya bernama activity_main.xml, sehingga kodenya akan berubah seperti berikut :


Setelah itu, kita akan membuat sebuah Adapter untuk RecyclerView, fungsi Adapter adalah seperti yang sudah dijelaskan di atas. Caranya, buatlah sebuah file .java baru bernama RecyclerViewAdapter.java dan copy pastekan kode berikut :


Untuk keterangan akan tambahkan kode pada MainActivity.java, yang akan mensuplai Adapter dengan inputan data yang diinginkan, copy pastekan kode berikut pada file MainActivity.java :

Jika Ingin Sukses, Maka Belajarlah dengan Sungguh Sungguh
~ Mochamad Ahya Satari

Mungkin cukup pada tutorial ini.
Semoga bisa membantu, dan mohon maaf bila ada kesalahan
bisa menghubungi ahyadeveloper@gmail.com 

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

2 komentar:


Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Back to top