Welcome to My Blog!

Learn Together and Change With Code
Follow Me

Mengenal Web Service



By  Mochamad Ahya Satari     November 15, 2018    Label:,,, 
Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh....

Hello Guys...Para pembaca AhyaDroid yang kece kece kali ini. Nah, Kali ini AhyaDroid akan memberikan contoh tentang WEB diantaranya adalah :

  1. Web Service
  2. API
  3. JSON
Pada praktek nya, kita akan membuat sebuah API untuk menampilkan data yang terbuat dari database nya. Jika anda ingin tahu , marilah kita simak dibawah ini ...Jangan Cepet2 Yah.....

Apa itu Web Service ??


Web service adalah aplikasi sekumpulan data (database), perangkat lunak (software) atau bagian dari perangkat lunak yang dapat diakses secara remote oleh berbagai piranti dengan sebuah perantara tertentu.  Secara umum,web service  dapat diidentifikasikan dengan menggunakan URL seperti hanya web pada umumnya. Namun yang membedakan web service dengan web pada umumnya adalah interaksi yang diberikan oleh web service. Berbeda dengan URL web pada umumnya, URL web service hanya menggandung kumpulan informasi, perintah, konfigurasi atau sintaks yang berguna membangun sebuah fungsi-fungsi tertentu dari aplikasi.
Web service dapat diartikan juga sebuah metode pertukaran data, tanpa memperhatikan dimana sebuahdatabase ditanamkan, dibuat dalam bahasa apa sebuah aplikasi yang mengkonsumsi data, dan di platform apa sebuah data itu dikonsumsi. Web service mampu menunjang interoperabilitas. Sehingga web service mampu menjadi sebuah jembatan penghubung antara berbagai sistem yang ada.
Menurut W3C Web services Architecture Working Group pengertian Web service adalah sebuah sistem softwareyang di desain untuk mendukung interoperabilitas interaksi mesin ke mesin melalui sebuah jaringan. Interfaceweb service dideskripsikan dengan menggunakan format yang mampu diproses oleh mesin (khususnya WSDL). Sistem lain yang akan berinteraksi dengan web service hanya memerlukan SOAP, yang biasanya disampaikan dengan HTTP dan XML sehingga mempunyai korelasi dengan standar Web (Web Services Architecture Working Group, 2004).
Web pada umumnya digunakan untuk melakukan respon dan request yang dilakukan antara client dan server. Sebagai contoh, seorang pengguna layanan web tertentu mengetikan alamat url web untuk membentuk sebuahrequest. Request akan sampai pada server, diolah dan kemudian disajikan dalam bentuk sebuah respon. Dengan singkat kata terjadilah hubungan client-server secara sederhana.
Sedangkan pada web service hubungan antara client dan server tidak terjadi secara langsung. Hubungan antaraclient dan server dijembatani oleh file web service dalam format tertentu. Sehingga akses terhadap databaseakan ditanggani tidak secara langsung oleh server, melainkan melalui perantara yang disebut sebagai web service. Peran dari web service ini akan mempermudah distribusi sekaligus integrasi database yang tersebar di beberapa server sekaligus.


Apa itu API ??


API adalah singkatan dari Application Programming Interface, dan memungkinkan developer untuk mengintegrasikan dua bagian dari aplikasi atau dengan aplikasi yang berbeda secara bersamaan. API terdiri dari berbagai elemen seperti function, protocols, dan tools lainnya yang memungkinkan developers untuk membuat aplikasi. Tujuan penggunaan API adalah untuk mempercepat proses development dengan menyediakan function secara terpisah sehingga developer tidak perlu membuat fitur yang serupa. Penerapan API akan sangaat terasa jika fitur yang diinginkan sudah sangat kompleks, tentu membutuhkan waktu untuk membuat yang serupa dengannya. Misalnya: integrasi dengan payment gateway. Terdapat berbagai jenis sistem API yang dapat digunakan, termasuk sistem operasi, library, dan web. 

API yang bekerja pada tingkat sistem operasi membantu aplikasi berkomunikasi dengan layer dasar dan satu sama lain mengikuti serangkaian protokol dan spesifikasi. Contoh yang dapat menggambarkan spesifikasi tersebut adalah POSIX (Portable Operating System Interface). Dengan menggunakan standar POSIX, aplikasi yang di-compile untuk bekerja pada sistem operasi tertentu juga dapat bekerja pada sistem lain yang memiliki kriteria yang sama. Software library juga memiliki peran penting dalam menciptakan compatibility antar sistem yang berbeda.

Aplikasi yang berinteraksi dengan library harus mengikuti serangkaian aturan yang ditentukan oleh API. Pendekatan ini memudahkan software developer untuk membuat aplikasi yang berkomunikasi dengan berbagai library tanpa harus memikirkan kembali strategi yang digunakan selama semua library mengikut API yang sama. Kelebihan lain dari metode ini menunjukkan betapa mudahnya menggunakan library yang sama dengan bahasa pemrograman yang berbeda.

Seperti namanya, Web API dalam diakses melalui protokol HTTP, ini adalah konsep bukan teknologi. Kita bisa membuat Web API dengan menggunakan teknologi yang berbeda seperti PHP, Java, .NET, dll. Misalnya Rest API dari Twitter menyediakan akses read dan write data dengan mengintegrasikan twitter kedalam aplikasi kita sendiri.

Apa itu JSON ??

JSON adalah singkatan dari Java Script Object Notation , tetapi format JSON hanya berupa teks.
Teks dapat dibaca dan digunakan dengan lebih mudah dan dimengerti, JSON sendiri bisa digunakan oleh bahasa Pemrogramman Apapun.

Mengapa Menggunakan JSON ??

Karena format JSON hanya berupa teks, dapat dengan mudah dikirim ke dan dari server, dan digunakan sebagai format data oleh bahasa pemrograman apa pun.
JavaScript memiliki fungsi yang dibangun untuk mengonversi string, yang ditulis dalam format JSON, ke dalam objek JavaScript asli:
JSON.parse()

Cara menampilkan data yang ada di database menggunakan API :

Pertama, Harus membuka text editor terlebih dahulu , contohnya :
  • Notepad
  • Notepad++
  • Sublime Text 3
  • Atom
  • Dll.
Kedua, Kalian harus mempunyai data nya terlebih dahulu , seperti data CRUD sebelumnya, yaitu :
  • Koneksi.php
Ketiga, masukkan kode nya seperti di bawah ini,








Peraturan nya : Kalian sudah mempunyai/membuat database dan tabel nya
Untuk menjalankan nya harus menggunakan XAMPP yah teman teman

Mungkin Cukup sekian Dari tutorial ini , Jika ada pertanyaan silahkan hubungi saya di ahyadeveloper@gmail.com

Semoga bermanfaat yah teman teman

Wassalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Sumber : API

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Back to top